Pages - Menu

Rabu, 05 Juni 2013

Tips Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Mati



Artikel ini saya buat karena dari pengalaman aki motor saya yang mati. Tiba - tiba motor saya supra x 125 eror ketika kontak motor saya hidupkan, kadang lampu netralnya idup tapi langsung mati. Saya coba ubek-ubek kabelnya, saya buka bagian lampu depannya saya urut kabelnya kali aja ada kabel yang putus atau gak kepasang eh kok semuanya normal. Kontak saya on kan tapi kok masih aja lampu netralnya idup mati??apanya nih??trus saya baru kepikiran bagian akinya, coba dipakein di motor temen dan ternyata akinya yang mati.
Wuaduh bingung juga nih padahal motornya mau di bawa jarak jauh. Yaudah deh karena belom punya duit mau beli aki yang baru, cari-cari cara diinternet buat ngakalin nih aki. Nah sekian lama mencari caranya, akhirnya ketemu nih caranya.... yaudah deh dari pada kebanyakan cerita ntar pada bosen lagi bacanya, langsung aja nih caranya
1. siapin dulu obeng +
2. pisau (loh kok pake piso??dah ikutin aja)
3. solasi, yang lebar kalo ada
4. accu zuur, beli paling cuma 5 ribuan
5. suntikan, terserah deh mau suntikan buat orang apa buat tinta yang penting biar gampang masukin tuh accu zuur

Nahhhh..... lanjut caranya
1. lepasin dulu tuh aki dari motor, kalo supra 125 tempatnya di bawah jok/dalam bagasi
2. buka tutup aki pake piso, tapi harus ati-ati nih jangan ampe kena tangan pisonya :D

bukanya dibagian yang dilingkari gambar diatas tuh, kalo disitu tulisannya pake obeng minus tapi saya coba susah gampangan pake piso(maklum gambar cuma copas hehe.. :D)
3. isi accuzuur di 6 lubang itu -+ 15ml pake suntikannya tadi, ati-ati kena air akinya lo ntar gatel, kalo udah kena cepet-cepet cuci pake sabun biar gak makin parah efeknya

lanjuutttttt..
4. kalo udah semua, tutup lagi punutup lubang aki. biar gak kebuka / nempel lagi tutupnya disolasi aja / di lem juga boleh tapi kalo dilem susah dibuka lagi kalo mau dibuka lagi sih hehe :D

udah selesai nih reparasi akinya???belom dong. pasang lagi tuh aki dimotor, terus panasin motor -+ 30 menitan biar ngisi tuh setrum di aki. nah kalo ngisi apa ciri-cirinya??ya paling nggak klakson bunyi kaya biasanya, sein idup normal, pokoknya kaya pas aki belom eror deh. kalo nggak gimana??sabar dulu mungkin kurang lama tuh ngisi setrumnya, atau nggak dipake dulu tu motor untuk beberapa hari. kalo masih aja nggak ngisi gimana??yaudah berati tuh aki emang udah uzur minta ganti baru. wah berati sia-sia dong ngikutin cara diatas kalo kayak gini??ya paling nggak dapet ilmu lah hehe :D buat pengalaman aja deh siapa tau besok aki barunya mati lagi terus dicoba cara diatas lagi dan ternyata bisa idup hehe XD

Yaudah deh selamat mencoba, semoga sukses :D

38 komentar:

  1. mas bro.. sudah pernah praktek ya? biasanya berapa lama bisa dipake setelah digituin?

    BalasHapus
  2. boleh dicoba nih, kalau kepepet

    BalasHapus
  3. Cara begini memang simpel dan hemat sebelum beli aki baru. Ane baru periksa ternyata accu zuur nya sdah hampir habis, ane isi lagi n lumayan klakson n bsa starter...

    BalasHapus
  4. ya tak coba ez, mudah-mudahan bisa, acu ku yang rusak uda 3 biji, tamba yang nempel di motor 1 biji, acu rusak yang uda di jual 2 biji, buset enam biji acu rusak semua, haaaa cuapek

    BalasHapus
  5. sip makasih bro mudh2an bisa berhasil. untuk sementara seblum punya uang buat beli aki yang baru

    BalasHapus
  6. sanggat berguna bagi saya yang awam tentang sepeda motor..makasih bro...

    BalasHapus
  7. bos kalo kutub (-) cepet panas apanya ya...

    BalasHapus
  8. Terima kasih yah atas informasi cara memperbaiki aki motor yang sudah kering.

    BalasHapus
  9. pernah nyoba mas, setelah di isi air zur yang normal lampu indikator dan klakson. buat electric start nggak mampu. masalahnya teryata aki nya gak mau nyimpan listrik, jadi semacem los gitu.

    BalasHapus
  10. hahaha lumayan lah :D good idea

    BalasHapus
  11. Kalau aki sdh di cas terus di diamkan paling lama 2 hari terus volt nya di bawah 12 volt aki itu ndak bisa di servis alias bosok sampai mati tak akan biasa.

    BalasHapus
  12. mksih atas ilmunya....smga mndpat pahala yg bnysk
















    BalasHapus
  13. kayaknya patut dicoba nih, udah beberapa hari motor gak bisa distarter, kalau meu hidupin harus olahraga kejet-kejet dulu. hehehe

    BalasHapus
  14. Cara diatas udah ane coba dan berhasil... terima kasih...

    BalasHapus
  15. Thanks om..sangat bermanfaat.
    Saya udh coba di aki saya yang soak 1 bln yang lalu, masa pemakaian 14 bln.
    Kemarin saya pake trik ini dan sekarang udh saya pake lagi tuh aki..

    BalasHapus
  16. Cara menambahkan air aki kedalam aki kering memang tidak ada salahnya,,karena aki kering itu hanya sebutan orang indonesia,,sebenarnya nama aki kering (yg orang sudah salah kaprah menyebutnya) adalah aki MF (maintenence free) alias bebas perawatan alias tanpa sering cek kondisi level air aki,,penguapannya sangat sedikit sekali,,smua aki tetep menggunakan cairan kimia yg namanya H2SO4. Fungsi aki adalah mengubah energi listrik menjadi energi kimia dan sebaliknya,jadi apapun jenis aki akan tetep menggunakan cairan H2SO4.
    Tapi cara diatas hnya untuk aki kering yg tergolong masih sehat alias hanya kehabisan cairan H2SO4,,tapi jika aki anda jebol apa mungkin bisa hanya ditambahkan cairan H2SO4 aki bisa kembali normal? Jawabnya tidak,,tidak dan tidak bisa. Jadi harus ada proses bongkar dan menyambung sell aki yang jebol. Ingin tau bagaimana prosesnya?

    Kunjungi : http://www.foredigel.my.id/cara-memperbaiki-aki-kering/

    Terima kasih.

    BalasHapus
  17. makasih Brother infonya. salam saudara

    BalasHapus