Pages - Menu

Selasa, 05 Juni 2012

Pengertian Ubuntu

    Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan Kepada Sesama".

Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
    Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. Canonical Ltd merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh penguasa Afrika Selatan Mark Shuttlework. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. 
    Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Ubuntu
Ubuntu logo
Ubuntu 12.04 Final Live CD Screenshot.png
Ubuntu 12.04 LTS desktop (Precise Pangolin)
Perusahaan /pengembangCanonical Ltd. / Ubuntu Foundation
Keluarga OSUnix-like .
StatusStabil
Model kode sumberFree and open source software (dengan pengecualian)
Rilis awal20 Oktober 2004
Rilis stabil11.10 (Oneiric Ocelot) / 23 Oktober 2011; 7 bulan lalu
Rilis pratayang12.04 (Precise Pangolin) Alpha 1 / 1 Desember 2011; 6 bulan lalu
BahasaMulti-bahasa (lebih dari 55)
Metode pemutakhiranAPT
Manajer paketdpkg (Debian GNU/Linux Package Manager)
Platform
yang didukung
i386,AMD64, PowerPC (Power PC dapat diubah oleh komunitas saja)
Tipe kernelMonolitik (Linux)
Antarmuka standarGNOME, KDE (lihat Kubuntu), XFCE (lihat Xubuntu), LXDE (lihat Lubuntu)
LisensiBervariasi, umumnya GPL dan LGPL
Situs webwww.ubuntu.com

Desktop Environment
    Ubuntu dilengkapi dengan banyak pilihan Desktop Environment, diantaranya yang paling terkenal adalah GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE.
    GNOME : Semenjak pertama rilis hingga saat ini GNOME merupakan desktop environment standart Ubuntu (Unity berdiri atas platform GNOME). GNOME merupakan salah satu desktop environment yang paling populer di Linux dan dipergunakan secara luas. Pada April 2011, GNOME memperkenalkan GNOME Shell, sebuah framework yang terfokus. Banyak dari pengguna Ubuntu yang sudah beralih ke GNOME Shell karena tampilannya yang menarik.
    Unity : Semenjak Ubuntu 11.04, Ubuntu telah menggunakan Unity Desktop Environment standarnya. Tidak seperti GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE, Unity bukan merupakan kumpulan software melainkan hanya desktop environment yang menggunakan gtk+ yang sudah ada, dan berjalan diatas platform GNOME. Pada awal kemunculannya di Ubuntu 11.04, Unity menuai kritik yang sangat banyak karena masih memiliki banyak masalah, sehingga pada awalnya banyak pengguna masih memilih untuk GNOME. Namun semenjak Unity disempurnakan pada Ubuntu 11.10, Unity kini lebih bebas dari masalah, dan efek visualnya semakin bagus.
    KDE : (K Desktop Environment) merupakan dekstop environment standar pada Kubuntu. KDE terkenal dengan desktop plasmanya, namun desktop plasma tersebut membutuhkan daya hardware yang lebih besar pula sehingga tidak semua komputer bisa menjalankannya.
    Xfce : Xfce adalah proyek desktop environment yang tujuannya adalah menciptakan desktop yang membutuhkan sedikit sumber daya hardware. Namun kebutuhan sumber daya hardware Xfce masih lebih tinggi dari pada LXDE. Xfce merupakan desktop standar Xubuntu.
    LXDE : LXDE adalah proyek desktop environment yang bertujuan untuk membuat desktop yang cepat dan hemat energi. LXDE merupakan desktop environment standar Lubuntu.


Varian 
    Varian Ubuntu sangat banyak, namun hanya ada 3 yang didukung dan dibiayai secara resmi oleh Canonical Ltd. Yaitu Kubuntu, Xubuntu, dan Lubuntu. Berikut adalah varian Ubuntu yang terkenal :
1.  Kubuntu : Ubuntu yang memakai KDE Plasma Workspace, Kubuntu membutuhkan sumber daya    hardware yang lebih banyak dibanding Ubuntu.
2.  Xubuntu : Distribusi Ubuntu yang memakai Xfce desktop environment, membutuhkan lebih sedikit sumber daya hardware.
3.  Lubuntu : Distribusi Ubuntu yang memakai LXDE desktop environment, merupakan distribusi Ubuntu yang membutuhkan paling sedikit sumber daya hardware.
4.  Edubuntu : Salah satu proyek gabungan Ubuntu dan GNOME yang bertujuan untuk menciptakan sistem operasi untuk sekolah dan pengguna rumah.
5.  Mythbuntu : Distribusi Ubuntu yang didesain untuk membuat theater rumah dengan MythTV. Mythbuntu menggunakan Xfce desktop environment.

sumber : www.wikipedia.org

21 komentar:

  1. gtk+ itu apa pengertianya min?????

    BalasHapus